Asal Nama, Kota Jakarta

Diposting oleh Tatang | 21.35


Kita tentu sangat mengenal kota Jakarta, karena Jakarta memang Ibu Kota Negara kita tercinta Indonesia, namun bila kita bertanya lagi apa sih arti dari kata Jakarta itu, dan bagaimana asal usulnya hingga menjadi nama Jakarta, hanya sedikit diantara kita yang mengetahuinya.
Jakarta pada zaman dahulu adalah sebuah Pelabuhan yang merupakan wilayah kekuasaan kerajaan Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) dengan Nama Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian pada selanjutnya nama Sunda kelapa dirubah menjadi Jayakarta Oleh Fatahillah (22 Juni 1527 M atau 22 Ramadan 933 H).
Perubahan nama ini diangkat dari al Qur’an Surah al Fath Ayat 1; Inna Fatahna Laka Fathan Mubiina. Makna Fathan Mubiina adalah kemenangan Paripurna dan dalam bahasa Sanskerta kita kenal dengan Jayakarta. Dikemudian hari lebih dikenal dengan Jakarta.

Nama Jayakarta, melambangkan rasa syukur kepada Allah, atas kemenangannya dalam menggagalkan usaha penjajahan kerjaan Katolik Portugis, di Pelabuhan Sunda Kalapa. Selain itu peristiwa perubahan nama ini adalah sebagai bukti dari pada peran Wali Songo, Ulama dan Santri dalam melawan keputusan Paus Alexander VI dalam perjanjian Tordesilas, 1494 M. yang memberikan kewenangan pada Kerajaan Katolik Spanyol dan Portugis, untuk mempelopori menegakkan Imperialisme atau Penjajahan Barat atas dunia khsususnya Indonesia

1 komentar
  1. Tatang 9 Januari 2010 pukul 17.11  

    coba